Langsung ke konten utama

Perlindungan Sosial dalam Penanganan COVID-19 di Kota Bengkulu



PERLINDUNGAN SOSIAL 

DALAM PENANGAN COVID-19 
DI KOTA BENGKULU


Oleh

Annisa Fadilla Oktalina                      18.03.003

Sheren Hafifanisa                               18.03.005

Luluk Eka Wahyu R.                          18.03.029




A. Latar Belakang


Akhir-akhir ini berbagai negara di dunia, tengah dikejutkan dengan wabah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus bernama corona atau lebih dikenal dengan istilah Covid-19 (Corona Virus Diseases-19). Virus ini awalnya mulai berkembang di Wuhan, China. Wabah virus ini memang penularannya sangat cepat menyebar ke berbagai negara di dunia. Sehingga oleh World Health Organization (WHO), menyatakan wabah penyebaran virus Covid-19 sebagai pandemi dunia saat ini.

Virus Corona adalah bagian dari keluarga virus yang menyebabkan penyakit pada hewan ataupun juga pada manusia. Di Indonesia, masih melawan Virus Corona hingga saat ini, begitupun juga di negara-negara lain. Jumlah kasus Virus Corona terus bertambah dengan beberapa melaporkan kesembuhan, tapi tidak sedikit yang meninggal. Usaha penanganan dan pencegahan terus dilakukan demi melawan Covid-19 dengan gejala mirip Flu. kasusnya dimulai dengan pneumonia atau radang paru-paru misterius pada Desember 2019. Kasus infeksi pneumonia misterius ini memang banyak ditemukan di pasar hewan tersebut. Virus Corona atau Covid-19 diduga dibawa kelelawar dan hewan lain yang dimakan manusia hingga terjadi penularan. Corona virus sebetulnya tidak asing dalam dunia kesehatan hewan, tapi hanya beberapa jenis yang mampu menginfeksi manusia hingga menjadi penyakit radang paru.

Kasus ini diduga berkaitan dengan pasar hewan Huanan di Wuhan yang menjual berbagai jenis daging binatang, termasuk yang tidak biasa dikonsumsi seperti ular, kelelawar, dan berbagai jenis tikus. Dengan latar belakang tersebut, Virus Corona bukan kali ini saja memuat warga dunia panik. Memiliki gejala yang sama-sama mirip Flu, Virus Corona berkembang cepat hingga mengakibatkan infeks yang lebih parah dan gagal organ.

Virus ini paling menular selama tiga hari pertama setelah timbulnya gejala, meskipun penyebaran diketahui terjadi hingga dua hari sebelum gejala muncul (penularan secara asimptomatik) dan pada tahap selanjutnya dari penyakit. Beberapa orang telah terinfeksi dan pulih tanpa menunjukkan gejala, tetapi ketidakpastian tetap dalam hal penularan tanpa gejala. Meskipun Covid-19 bukan infeksi menular seksual , dicium, hubungan intim, dan rute oral feses diduga menularkan virus.

Virus Corona Covid-19 ini adalah penyakit baru. Sehingga, masih sulit untuk menemukan anti virus dari Covid-19 ini. Apalagi virus Covid-19 ini rentan menular kepada orang sekitar yang mana itu menganggu aktivitas masyarakat sehari-hari. Akibatnya, banyak orang yang harus kehilangan pekerjaannya dan tidak tahu harus mencari kemana lagi biaya untuk kehidupan sehari-hari selain dari bantuan dari pemerintah dan orang sekitar.


B. Gambaran Umum Situasi Covid-19 di Kota Bengkulu


            Bengkulu adalah provinsi ke-32 yang terdeteksi adanya virus corona. Sekolah dan perguruan tinggi telah diliburkan sejak tanggal 16 maret 2020. Perkantoran di Kota Bengkulu masih tetap beroperasi karena menjadi bagian dari pelayanan umum dan pusat bisnis. Tetapi di setiap perkantoran diwajibkan untuk menyediakan hand sanitizer, tempat cuci tangan, dan berbagai keperluan untuk menjaga kebersihan diri.

Virus Corona masuk ke Kota Bengkulu pertama kali pada tanggal 31 maret 2020. Setelah adanya satu kasus positif di Kota Bengkulu, Gubernur memerintahkan seluruh jajaran, baik pemerintahan, TNI dan Polri untuk memperketat pengawasan seluruh akses masuk ke Provinsi Bengkulu. Gubernur Bengkulu juga memerintahkan Walikota Bengkulu untuk mengkarantina orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien. 

Situasi setelah adanya pasien Covid-19 pertama di Kota Bengkulu mall ditutup selama dua pekan untuk memutuskan rantai penularan, tetapi untuk toko yang melayani kebutuhan seperti sembako, alat kesehatan masih dibuka. Seluruh wilayah di Kota Bengkulu di semprotkan disinfektan setiap pagi di sekitar jalan, di gedung pertokoan dll. Pemerintah dan masyarakat Kota Bengkulu aktif untuk memberikan bantuan-bantuan.

 Untuk kasus positif corona di Kota Bengkulu setiap harinya terus bertambah tetapi masih dalam hitungan stabil. Adapun kendala saat Covid-19 di kota Bengkulu ini yaitu kekurangan tenaga medis, yang mana karena ada satu pasien yang ternyata positif corona dirawat di Rumah Sakit tersebut. Sehingga 40 tenaga medis di Kota Bengkulu terpaksa mengisolasikan diri selama 14hari.

 

C. Pelayanan Sosial dari Pemerintah


            Adapun upaya pelayanan dari pemerintah daerah yaitu mengalokasikan anggaran sebesar Rp.204 milliar untuk menangani wabah Covid-19. Anggaran dialokasikan ke Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu untuk pembelian peralatan APD, masker, dan alat kesehatan lainnya. Layanan kesehatan juga digratiskan untuk masyarakat miskin. Dana juga akan dialokasikan pada Dinas Sosial untuk bantuan sosial. Selanjutnya, dana 51 milliar akan diberikan untuk bantuan sembako berupa beras dan mie instan. Bantuan sembako berupa beras 20kg yang dikemas dalam karung 5kg dan dua dus mie instan. Semua masyarakat tanpa terkecuali akan mendapatkan bantuan tersebut.

Tahap pertama pemberian sembako dimulai pada tanggal 18 april dan tahap kedua dimulai pada tanggal 9 mei. Pemberian sembako ini untuk membantu warga Bengkulu yang tengah kesulitan ekonomi akibat wabah penyebaran virus Corona terutama orang-orang kecil yang sulit mendapatkan pekerjaan saat pandemic seperti ini. Sehingga, kebutuhan pangan dapat diatasi untuk beberapa hari kedepan. Adapun mekanisme pemberian bantuan yaitu bantuan sembako dibagikan ke perangkat kelurahan, RT, RW di masing-masing kelurahan dengan dikawal oleh anggota Satpol PP Pemkot Bengkulu agar bantuan tersebut benar-benar sampai sasaran dalam keadaan utuh. Lalu bantuan langsung diberikan di rumah masing-masing penerima untuk menghindari kerumunan.

Program reguler seperti PKH, Kartu Sembako, atau BPNT kuotanya ditambah juga jumlah transfernya. Kemudian disusul bagi yang belum menerima program ini, ada BLT Dana Desa dan Kartu Pra Kerja.

Untuk BLT Dana Desa, bantuan ini dianggarkan dari Dana Desa sebesar 25-38 persen dan dibagikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 yang bukan penerima bantuan reguler atau bantuan lainnya. Dalam pandemic saat ini, kriteria penerima BLT dana desa tidak menggunakan 14 kriteria program keluarga harapan (PKH). Ukuran utama yang digunakan adalah penerima belum mendapatkan bantuan sosial (bansos) seperti PKH dan telah kehilangan penghasilan akibat dari Covid-19. Setiap penerima BLT nominalnya sama, yakni Rp.600.000/bulan. Data penerima manfaat akan dicocokkan melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jika terdaftar dan belum mendapatkan bansos, maka dapat menerima BLT dana desa.

Terakhir Kartu Prakerja, Pemrov Bengkulu membuka pendaftaran program penerima kartu prakerja bagi warga yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat dampak dari wabah penyebaran virus corona atau Covid-19. Program penerima kartu prakerja tidak berlaku bagi PNS meski mereka di rumah. Karena, ASN masih menerima gaji setiap bulan dari negara. Tidak hanya bagi korban PHK dan pencari kerja saja, kesempatan mendapatkan Kartu Prakerja ini juga untuk para pedagang pasar dan kantin sekolah atau UMKM yang mengalami penurunan penghasilan. Pemegang kartu prakerja akan menerima bantuan sebesar Rp 3,5 juta dari pemerintah. Uang ini akan mereka manfaatkan sebelum mendapatkan pekerjaan atau membuka usaha sesuai bakat yang akan dikembangkan. Untuk mendapatkan kartu prakerja ini warga Bengkulu bisa mendaftar secara online di www.prakerja.go.id



Gambar 1 : Penerimaan Bantuan Sembako berupa Beras dan Mie Instan



Gambar 2 : Papan Pengumuman Pendaftaran Kartu Prakerja



D. Pelayanan Sosial dari Masyarakat

Adapun upaya pelayanan dari masyarakat di kota Bengkulu terhadap Covid-19 yaitu ikut memantau perkembangan Orang dalam Pantauan (ODP) dan Pasien dalam Pengawasan (PDP), serta memastikan tidak ada kegiatan warga berkumpul atau kerumunan dalam rangka Physical Distancing. Beberapa komunitas di Kota Bengkulu juga giat memberikan bantuan, salah satu contohnya adalah Pemuda Pancasila Bengkulu. Bantuan berupa sumbangan beras pada juru parkir dan pedagang asongan. Kelompok nelayan di Bengkulu juga ikut menyumbangkan ikan hasil tangkapan mereka untuk tenaga medis Covid-19 supaya tetap sehat dan bisa bekerja dengan baik. Ada juga warga Bengkulu yang membuat bilik disinfektan yang nantinya akan diserahkan kerumah sakit dan tempat-tempat keramaian di Kota Bengkulu.



Gambar 3 : Pemberian Hasil Tangkapan oleh Nelayan Kota Bengkulu


Gambar 4 : Bilik Disinfektan Buatan Warga Bengkulu



Gambar 5 : Kegiatan Bantuan oleh Pemuda Pancasila


E. Kesimpulan


            Pandemic Corona Covid-19 ini sangat rentan menularkan ke orang lain. Gejala dan tanda dari setiap orang pun berbeda-beda, bahkan ada seseorang yang tidak mengalami gejala tetapi positif Covid-19. Di Kota Bengkulu sendiri sudah menerapkan kebijakan untuk mencegah penularan virus tersebut, dimulai dengan meliburkan sekolah dan perguruan tinggi, menerapkan physical distancing dan social distancing dan juga memberikan bantuan dana dan sembako untuk seluruh masyarakat di Kota Bengkulu karena seperti yang kita tahu pada pandemic sekarang ini banyak orang yang tidak bisa bekerja lagi dan mencari biaya untuk kehidupan sehari-hari.

 

F. Saran


            Berdasarkan hasil paparan penulis, maka penulis menyarankan beberapa hal kepada pemerintah kota Bengkulu untuk lebih mempertegas masyarakat yang masih suka keluyuran serta perlu pula melakukan sosialisasi masif tentang gejala, tanda dan cara mencegah penularan serta kebiasaan mencuci tangan berupa penyuluhan melalui media massa dan sosial. Selain itu, perlu juga mengawasi kebijakan social distancing yang ada di kantor-kantor yang masih beroperasi pada saat pandemic ini.






DAFTAR PUSTAKA


https://www.beritasatu.com/nasional/631061-pemkot-bangkulu-salurkan-bantuan-sembako-tahap-ii-pada-warga-terdampak-covid19

 

http://mediacenter.bengkuluselatankab.go.id/2020/05/08/persyaratan-warga-penerima-bantuan-langsung-tunai-dana-desa-rp-600-ribu-per-bulan/

 

https://www.beritasatu.com/nasional/619813-pemprov-bengkulu-buka-pendaftaran-penerima-kartu-prakerja-bagi-warga-terkena-phk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Bahasa Jawa Ngoko - Krama

  Ngoko ____________ Krama Madya ________ Krama Inggil _________ Arti aba ________________ aba __________________ dhawuh ______________ perintah ngabani ____________ ngabani _______________ ndhawuhi _____________ memerintah abah-abah __________ abah-abah _____________ kambil _______________ pelana abang ______________ abrit _________________ abrit _________________ merah abur _______________ abur _________________ abur _________________ terbang mabur _____________ mabur ________________ mabur ________________ terbang abot _______________ awrat ________________ awrat ________________ berat kabotan ____________ kawratan _____________ kawratan _____________ keberatan adang ______________ bethak _______________ bethak _______________ menanak nasi dangan _____________ bethakan ______________ bethakan ______________ takaran beras dang-dangan ________ bethakan ______________ bethakan ______________ hasil nanaknasi adeg _______________ adeg _________________ jume

Arti Lagu Stay ( OST Princess Hours )

Stay ( OST Princess Hours ) nan baboyeosseotjyo. naega baboyeosseotjyo huhoehaedo neujeotjyo aljyo dorikilsun eopjyo geuldael bolsun eopseoyo, nado algo isseoyo naega jeongmal jalmotaesseoyo jeongmeol mianhaeyo geuttaen aegi haji motaetjyo neomu eoriseogeotjyo ijewaseo ireoke aetaeumyeo na yongseoreul bireoyo dangsineun naneun baboimnida jajonsimttaemune sulgwa sseun dambae yeongiro manggajigo itjyo dangsineun naneun baboimnida ajik saranghagie haru jongil peongpeong ulgoman itjyo geudaedo nado babocheoreom geureoji marayo, dasi saenggakhaebwayo uri eotteoke yeogikkaji himdeulgewanneunde dasi saenggakhaebwayo, huhoehasilkkeoeyo naega jeongmal jalmotaesseoyo jeongmal mianhaeyo geuttaen aegi haji motaetjyo neomu eoriseogeotjyo ijewaseo ireoke aetaeumyeo na yongseoreul bireoyo dangsineun naneun baboimnida jajonsimttaemune sulgwa sseun dambae yeongiro manggajigo itjyo dangsineun naneun baboimnida ajik saranghagie haru jongil peongpeong ulgoman itjyo geudaedo

Lirik & Terjemahan All about your heart-Mindy Gledhill

All About Your Heart -Mindy Gledhill-   I don’t mind your odd behavior Aku tidak keberatan dengan perilaku anehmu It’s the very thing I love Itu adalah hal yang sangat aku suka If you were an ice cream flavor Jika kau adalah rasa es krim You would be my favorite one Kau akan menjadi salah satu rasa kesukaanku My imagination sees you Imaginasiku saat melihatmu Like a painting by Van Gogh Seperti sebuah lukisan karya Van Gogh Starry nights and bright sunflowers Malam yang bercahaya dan bunga matahari yang cerah Follow you where you may go Akan selalu mengikutimu kemanapun kau pergi [Chorus] Oh, I’ve loved you from the start Oh, aku mencintaimu sejak awal In every single way Dalam setiap langkah yang kau ambil And more each passing day Dan lebih setiap harinya You are brighter than the stars Kau lebih terang dari bintang-bintang Believe me when I say Selalu percaya pada apa yang ku katakan It’s not about your scars Ini buka